KARIER JOIN MITRA LOGIN/REGISTER

Trend Fashion Era Pandemic dan Era New Normal

Pandemic  sejak awal tahun 2020 ternyata tidak cuma berpengaruh pada kesehatan dan per-ekonomian. Pandemi Corona juga mempengaruhi perubahan Lifestyle dan Fashion. Keberadaan virus ini kemudian memaksa manusia untuk mengubah berbagai kebiasaan hidup, termasuk perilaku social distancing. Kebiasaan baru ini melahirkan budaya baru dalam Lifestyle berbusana. Cara berbusana baru muncul menjadi Trend baru yang tidak di prediksi sebelum Pandemic. Di Tahun 2020 – 2021 Trend busana lebih mengarah kepada kenyamanan dan fungsi dalam mengekspresikan gaya. Trend tersebut mengarah kepada bagaimana manusia dapat berpakaian stylish, nyaman, tetapi tetap taat pada protokol kesehatan.

Trend adalah segala sesuatu yang saat ini sedang di bicarakan, diperhatikan, dikenakan. Kita bisa melihat objek atau subjek tersebut menjadi sebuah Trend, ketika disaat itu menjadi pembicaraan, Hot topic, sering di gunakan. Trend terjadi di saat- saat tertentu. Maka dari itu, Trend memiliki masa nya atau umur Trend sedang terjadi.

Trend Busana di era Pandemic 2020 dipastikan terus berjalan bahkan setelah memasuki era New Normal 2021.

  1. Busana Minimalis

Work From Home (WFH) merupakan kebiasaan baru dari adanya Pandemi Corona. WFH dengan bantuan Zoom meeting, dan aplikasi lainnya yang memungkinkan semua orang terhubung tanpa harus kontak fisik, memuculkan kebiasaan baru dalam berbusana atau berpakaian. Busana minimalis dengan material bahan yang nyaman menjadi pilihan untuk dikenakan saat WFH. Salah satu nya Home Dress, pakaian popular yang pilihan banyak wanita, karena nyaman digunakan di rumah tetapi tetap bisa digunakan untuk bekerja ataupun bepergian. Selain Home Dress ada juga long dress yaitu dress panjang yang memiliki banyak pilihan bahan seperti rayon, menjadi pilihan lain bagi para wanita di era pandemic.

Gambar 1. Long Dress
Sumber: Dokumentasi SeldaRez

Sedangkan untuk para Pria T-shirt berbahan katun sejenis menjadi pilihan dengan bawahan celana pendek. Permintaan pembuatan pakaian dengan bahan- bahan Rayon, Cotton Combed, tidak hanya datang dari perusahaan besar, tetapi juga komunitas, individu.

Salah satu nya gogarmen.com, salah satu platform custom Pakaian terbesar di Indonesia, mengalami lonjakan pesanan ditahun 2021 untuk pakaian dengan bahan Cotton Combed.

  1. Oversized Shirt

Di tahun awal 2020 awal muncul nya Corona, menjadi Tahun dimana Trend Fashion berubah kearah “kenyamanan dan keamanan”. Masyarakat kerap mencari cara untuk menemukan kenyamanan dalam berpakaian dan beraktivitas tanpa menghilangakan nilai keindahan Fashion. Trend Fashion 2021 masih di dominasi dengan pakaian- pakaian yang nyaman, simple, namun tetap epic dan stylish. Salah satu nya yaitu Oversized Shirt.

Gambar 2, Style dengan Oversised Shirt
Sumber: Dokumentasi SeldaRez

Pakaian dengan potongan yang besar dan nyaman dengan beragam design selalu menjadi pilihan favorit di setiap musim nya. Di tahun 2021 ini model pakaian ini mejadi Trend yang naik daun kembali. Kini, dengan mix and match Oversized Shirt , Kalian bisa mendapatkan tampilan Trend dan tentu nya nyaman hanya dengan oversized Shirt

Gambar 3, Salah satu Oversized Shirt
Sumber: Dokumentasi SeldaRez
  1. Sporty Look

Dalam era New Normal ini, pakaian olahraga menjadi Fashion item yang paling dicari oleh banyak orang. Di era Pandemic ini poin penting yang kita sadari yaitu berharga nya kesehatan dan mengajarkan kita memiliki kebiasaan dan gaya hidup sehat. Industri Fashion pun menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen untuk melengkapi nya. Disinilah Trend sporty look muncul dengan berbagai pilihan warna dan desain menarik.Salah satu hot items dari Trend sporty look ini adalah Hoodie, Celana stretch, one set sporty wear, dll.

Hoodie berasal dari kata Hood yang arti nya tudung. Hoodie merupakan jenis jaket yang memiliki kupluk atau penutup kepala. Fashion ini terbuat dari bahan yang lebih tebal dari t-shirt, hoodie akan menimbulkan rasa hangat di badan saat dipakai.

Gambar 4, Sporty look with Hoodie
Sumber: Dokumentasi SeldaRez

Bahan yang digunakan untuk hoodie biasa nya katun dan fleece, yaitu bahan yang lembut serta memiliki sirkulasi udara yang baik dan nyaman digunakan. Model Hoodie dibagi menjadi dua macam yaitu, zipper atau resleting dan pullover yaitu tanpa resleting. Hoodie model zipper biasanya memiliki kantung (pocket) dibagian samping kanan dan kiri, sedangkan model pullover memiliki kantung pada bagian depan.

Gambar 5, Hoodie model Zipper
Sumber: Dokumentasi SeldaRez
  1. Trend Pastel Color

Di era Pandemic dan era New Normal, warna Pastel masih menjadi pilihan dalam tren Fashion di tahun 2021. Warna pastel memberi kesan teduh tetap bisa terlihat dinamis. Diantara warna pastel yang menjadi pilihan yaitu, lilac, hijau mint, baby pink, kuning muda, biru muda, pink nude.

  1. Loungewear dan Piyama set

Pengaruh Pandemic di Indonesia yang belum berakhir serta aktivitas Work from Home (WFH) membuat loungewear dan piyama set menjadi pakaian yang sering digunakan.

Gambar 8, Trend Piyama set
Sumber: google (lazada.co.id)

Piyama set menjadi salah satu Trend 2021 yang di gandrungi atau menjadi pilihan masyarakat. Dari Pandemic ini juga , masyarakat lebih mengutamakan kenyamanan dalam berpakaian sehari-hari. Mereka menginginkan sesuatu yang simple, eye catching, tetapi tetap bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

  1. Masker

Kewajiban masyarakat untuk mengenaka n masker saat berada di luar rumah pada era New Normal ini memunculkan trendsetter sendiri. Berbagai jenis dan model masker menjadi perlengkapan busana. Semakin banyak masker yang dibuatkan berdasarkan kebutuhan.

Gambar 9, Masker berdasarkan kebutuhan
Sumber : Dokumentasi pribadi SeldaRez

Masker yang stylish dan kreatif bermunculan untuk mempercantik penampilan atau menjadi identitas dari seseorang (komunitas, perusahaan, individu). Masker mulai di hadirkan dengan warna senada dengan pakaian atau one set. Warna dan jenis masker yang beraneka ragam menjadi Trend 2020-2021. Inovasi masker, menjadi pelengkap dalam berbusana yang Fashionable namun tetap taat pada protokol kesehatan. Saat ini Masker dilengkapi dengan konektor tambahan, strap mask,yang di design dengan model dan warna beragam. Masker, konektor, dan strap menjadi satu kesatuan pelengkap busana atau Fashion di era Pandemic dan New Normal.

Meningkatnya pemesanan masker menandakan bahwa masker menjadi Trend, item wajib yang dimiliki di era Pandemic dan New Normal. Gogarmen.com,  berinovasi dalam membuat custom masker. Menyesuaikan permintaan konsumen, gogarmen.com memadupadankan design Fashion dengan tetap mengaplikasikan fungsi utama masker yang aman dan sesuai standar.

Author : (Selda-2021)

Leave a Comment

Open chat
1
Chat Sekarang
cs gogarmen
Hello ada yang bisa kami bantu?