KARIER JOIN MITRA LOGIN/REGISTER

9 Cara Membedakan Kulit Asli dengan Kulit Sintetis

Kamu tahu ada yang namanya Bahan Kulit Asli dan Kulit Sintetis tapi kamu tidak tahu cara membedakannya? Kalau begitu yuk kita bahas cara membedakan kulit asli dengan kulit sintetis, Jadi simak dengan baik-baik supaya kamu paham 🙂

1. Tekstur

Produk yang terbuat dari kulit akan terasa sedikit kasar karena bahan memiliki pori-pori dengan tekstur yang didominasi dengan guratan-guratan alami sehingga berbeda satu dengan yang lain. Sedangkan, kulit sintetis memiliki Tekstur lebih halus dan elastis dan juga tidak memiliki guratan khas seperti kulit asli (bisa dibuat-buat).

2. Aroma

Kulit Asli memiliki aroma yang khas sesuai dengan kulit yang aroma hewan yang digunakan. Sedangkan, Kulit Sintetis di dominasi dengan bau karet atau aroma bahan kimia.

3. Tumbuhnya Jamur

Kulit Asli rentan terkena jamur karena kelembapan udara sangat mempengaruhi kondisi kulit. Sedangkan, Kulit Sintetis tergolong tahan jamur karena tersusun dari bahan-bahan kimia.

4. Label Produk

Produk dengan nama atau label Genuine Leather menunjukkan bahwa materialnya terbuat dari kulit asli. Sedangkan, Produk yang memiliki label atau bernama Manmade Material atau Synthetic Leather menunjukkan bahwa materialnya terbuat dari kulit sintetis.

5. Sensitivitas Terhadap Api

Kulit Asli tidak mudah terbakar, kulit Asli yang terbakar akan memiliki aroma seperti rambut yang kebakar. Sedangkan, Kulit Sintetis mudah terbakar kulit Sintetis yang terbakar memiliki aroma seperti plastik hangus.

6. Sensitivitas Terhadap Air

Kulit Asli akan menyerap air dan meninggalkan noda yang akan sulit untuk dihilangkan. Sedangkan, Kulit Sintetis memiliki struktur yang kedap air sehingga tidak akan basah atau rusak jika terkena air.

7. Ketebalan

Produk dari bahan kulit asli umumnya lebih tipis karena cuma memiliki 1 sampai 2 lapisan saja. Sedangkan, Produk Kulit Sintetis justru lebih tebal karena memiliki beberapa lapisan, terutama jenis kulit sintetis PVC.

8. Bekas Lipatan

Produk Kulit Asli tidak akan meninggalkan bekasi lipatan setelah dilipat. Sedangkan, Produk kulit sintetis akan meninggalkan bekas lipatan setelah dilipat.

9. Harga

Produk dengan material kulit asli bisa dibilang cukup mahal hingga mahal, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah (tergantung jenis kulitnya). Sedangkan, Material Kulit Sintetis tergolong murah dengan harga dimulai dari puluhan ribu saja.

Nahh…itulah 9 cara membedakan kulit asli dengan kulit sintetis, Jadi bagaimana dengan produk kulitmu…? Diskusikan dikolom komentar yahhh.

Jangan lupa baca artikel lainnya yahh… Klik disini

Terimakasih 🙂

Leave a Comment

Open chat
1
Chat Sekarang
cs gogarmen
Hello ada yang bisa kami bantu?